contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Selamat Datang di Blog Kami, kritik dan sarannya kami tunggu ...........

ALBUM KEMAH PELANTIKAN PENEGAK

Jumat, 16 April 2010

KATA PENGANTAR


Atas ridho Allah SWT, maka program kerja Pramuka Penegak Gudep MA Miftathul Huda Purworejo Kecamatan Padangan dapat disusun dengan mempertimbangkan saran dan masukan dari berbagai pihak terutama dari Kepala Majlis Pembimbing Gugus Depan MA MIftahul Huda

Program kerja ini disusun dengan tujuan untuk dijadikan pedoman dalam melaksanakan kegiatan Pendidikan Pramuka di Gudep MA Miftahul Huda agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai dan berhasil sesuai dengan harapan.

Karena keterbatasan yang ada pada kami, maka program kerja ini disusun sangat sedehana dan masih banyak kekurangannya. Oleh sebab itu maka kami sangat mengharapkan saran serta masukannya demi sempurnanya kegiatan yang kami laksanakan.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan kepada kita agar kegiatan yang kita laksanakan dapat berjalan dengan lancar dan baik.



Purworejo, 14 Agustus 2009
Pembina MA Miftahul Huda
Purworejo – Padangan



SUGIYONO, S. Pd







DAFTAR ISI


Halaman Sampul i
Pengantar ii
Daftar Isi iii
Visi dan Misi iv
BAB I
Pendahuluan 1
Pengertian 1
Tujuan 1
BAB II
Sifat, Usaha, dan Upaya 2
BAB III
Program Kerja 3
BAB IV
Kode Kehormatan 3
BAB V
Motto Gerakan Pramuka 3
BAB VI
Bimbingan 3
BAB VII
Penutup 4

Lampiran :
1. TKU ( Tanda Kecakapan Umum )
2. SKK ( Syarat Kecakapan Khusus )








VISI DAN MISI
VISI : "Gerakan Pramuka sebagai wadah pilihan utama dan solusi handal terhadap masalah-masalah kaum muda".



MISI 1. Mempramukakan kaum muda. Yang dimaksud dengan mempramukakan tidak berarti bahwa seluruh kaum muda itu dimasukkan sebagai anggota Gerakan Pramuka tetapi lebih pada tataran jiwa dan prilaku kaum muda yang sesuai dengan pramuka sebagai bagian dari masyarakat indonesia.
2. Membina anggota yang berjiwa dan berwatak Pramuka, berlandaskan iman dan taqwa (Imtaq) serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Bahwa semua sendi program pendidikan yang dilaksanakan Gerakan Pramuka harus dilandaskan pada Iman dan taqwa dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga apapun yang dilakukan perlu mengikuti perkembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan pada eranya.
3. Membentuk kader bangsa patriot pembangunan yang memiliki jiwa bela negara. Gerakan pramuka memiliki salah satu tugas yakni menyiapkan kader bangsa sehingga diperlukan adanya pendidikan yang khusus. Untuk itu, karena disadari bahwa perlunya pendidikan bela negara sebagai bagian dari kebutuhan bangsa dan negara.
4. Menggerakkan anggota dan organisasi Gerakan Pramuka agar peduli dan tanggap terhadap masalah-masalah kemasyarakatan. Hal ini dilakukan untuk memantapkan jati diri Gerakan Pramuka melalui kode kehormatannya dan sekaligus sebagai pencerminan anggota Pramuka yang tanggap terhadap permasalahan pada lingkungan sekitarnya.










BAB I
PENDAHULUAN


A. Pengertian
Gerakan Pramuka adalah salah satu wadah pembinaan generasi muda adalah salah satunya badan yang di tugaskan untuk menyelenggarakan pendidikan di luar sekolah dan di luar keluarga dengan menerapkan prinsip dasar Kepramukaan dan metode Kepramukaan yang pelaksanaan di sesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan bagi peserta dididk yang ada di Gugus Depan MA Miftahul Huda Purworejo.
Untuk itu perlu disusun petunjuk penyelenggaraan pokok – pokok organisasi Gerakan Pramuka di Gudep MA Miftahul Huda Purworejo yang meliputi :
1. tugas pokok, fungsi, dan struktur organisasi Gerakan Pramuka
2. Pembagian tugas dan tanggung jawab dalam organisasi Gerakan Pramuka
3. Mengadakan musyawarah minimal 1 bulan sekali

B. Tujuan
Gerakan Pramuka mendidik dan membina generasi muda guna mengembangkan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisiknya sehingga menjadi:
a. manusia berkepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur yang:
1) beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kuat mental, emosional, dan tinggi moral
2) tinggi kecerdasan dan mutu keterampilannya
3) kuat dan sehat jasmaninya
b. warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan, baik lokal, nasional, maupun internasional.

BAB II
SIFAT, UPAYA DAN USAHA

A. Sifat

(1) Gerakan Pramuka adalah gerakan kepanduan nasional Indonesia.
(2) Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan yang keanggotaannya bersifat sukarela, tidak membedakan suku, ras, golongan, dan agama.
(3) Gerakan Pramuka bukan organisasi kekuatan sosial-politik, bukan bagian dari salah satu organisasi kekuatan sosial-politik dan tidak menjalankan kegiatan politik praktis.
(4) Gerakan Pramuka ikut serta membantu masyarakat dengan melaksanakan pendidikan bagi kaum muda, khususnya pendidikan non formal di luar sekolah dan di luar keluarga.
(5) Gerakan Pramuka menjamin kemerdekaan tiap-tiap anggotanya untuk memeluk agama dan kepercayaan masing-masing dan beribadat menurut agama dan kepercayaannya itu.


B. Upaya dan Usaha

(1) Segala upaya dan usaha Gerakan Pramuka diarahkan untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka.
a. Menanamkan dan menumbuhkan budi pekerti luhur dengan cara memantapkan mental, moral, fisik, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman melalui kegiatan:
1) Keagamaan, untuk meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, menurut agama masing-masing
2) Kerukunan hidup beragama antar umat seagama dan antara pemeluk agama yang satu dengan pemeluk agama yang lain
3) Penghayatan dan pengamalan Pancasila untuk memantapkan jiwa Pancasila dan mempertebal kesadaran sebagai warga negara yang bertanggungjawab terhadap kehidupan dan masa depan bangsa dan negara
4) Kepedulian terhadap sesama hidup dan alam seisinya
5) Pembinaan dan pengembangan minat terhadap kemajuan teknologi dengan keimanan dan ketakwaan
b. Memupuk dan mengembangkan rasa cinta dan setia kepada tanah air dan bangsa;
c. Memupuk dan mengembangkan persatuan dan kebangsaan;
d. Memupuk dan mengembangkan persaudaraan dan persahabatan baik nasional maupun internasional;
e. Menumbuhkembangkan pada para anggota rasa percaya diri, sikap dan perilaku yang kreatif dan inovatif, rasa tanggung jawab dan disiplin;
f. Menumbuhkembangkan jiwa dan sikap kewirausahaan;
g. Memupuk dan mengembangkan kepemimpinan;
h. Membina dan melatih jasmani, panca indera, daya pikir, penelitian, kemandirian dan sikap otonom, keterampilan, dan hasta karya.
(2) Upaya dan usaha untuk mencapai tujuan itu diarahkan pada pembinaan watak, mental, emosional, jasmani dan bakat serta peningkatan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, ilmu pengetahuan dan teknologi, keterampilan dan kecakapan melalui berbagai kegiatan kepramukaan.
a. Kepramukaan ialah proses pendidikan luar lingkungan sekolah dan di luar keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis, yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak;
b. Menyelenggarakan dan berpartisipasi dalam pertemuan dan perkemahan baik lokal, nasional maupun internasional untuk memupuk rasa persahabatan, persaudaraan dan perdamaian;
c. Menyelenggarakan kegiatan bakti masyarakat dan ekspedisi;
d. Mengadakan kemitraan, kerjasama dengan organisasi kepemudaan lain untuk memupuk dan mengembangkan semangat kepeloporan dan pengabdian kepada masyarakat, baik lokal, nasional maupun internasional;
e. Mengadakan kerjasama baik dengan instansi pemerintah maupun swasta untuk berpartisipasi dalam pembangunan nasional;
f. Memasyarakatkan Gerakan Pramuka dan kepramukaan khususnya di kalangan kaum muda.
(3) Untuk menunjang upaya dan usaha serta mencapai tujuan Gerakan Pramuka, diadakan prasarana dan sarana yang memadai berupa organisasi, personalia, perlengkapan, dana, komunikasi, dan kerjasama.

BAB III
Program Kerja

Untuk mencapai keberhasilan peserta didik maka Gugus Depan MA Miftahul Huda Purworejo membuat Program kerja yang mana didalamnya terdiri dari Program kerja Mingguan, Program Kerja Bulanan, dan Program Kerja Tahunan


BAB IV
Kode Kehormatan Pramuka

(1) Kode Kehormatan Pramuka yang terdiri atas Janji yang disebut Satya dan Ketentuan Moral yang disebut Darma merupakan satu unsur dari Metode Kepramukaan dan alat pelaksanaan Prinsip Dasar Kepramukaan.
(2) Kode Kehormatan Pramuka merupakan Kode Etik anggota Gerakan Pramuka baik dalam kehidupan pribadi maupun bermasyarakat sehari-hari yang diterimanya dengan sukarela serta ditaati demi kehormatan dirinya.
(3) Kode Kehormatan Pramuka bagi anggota Gerakan Pramuka disesuaikan dengan golongan usia dan perkembangan rohani dan jasmaninya yaitu:
a. Kode Kehormatan Pramuka Siaga terdiri atas Dwisatya dan Dwidarma;
b. Kode Kehormatan Pramuka Penggalang terdiri atas Trisatya Pramuka Penggalang dan Dasadarma;
c. Kode Kehormatan Pramuka Penegak dan Pandega terdiri atas Trisatya Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dan Dasadarma;
d. Kode Kehormatan Pramuka Dewasa terdiri atas Trisatya Anggota Dewasa dan Dasadarma.


BAB V
Motto Gerakan Pramuka

(1) Motto Gerakan Pramuka merupakan bagian terpadu proses pendidikan untuk mengingatkan setiap anggota Gerakan Pramuka bahwa setiap mengikuti kegiatan berarti mempersiapkan diri untuk mengamalkan Kode Kehormatan.
(2) Motto Gerakan Pramuka adalah :
“Satyaku kudarmakan, Darmaku kubaktikan.”

BAB VI
Bimbingan
(1) Gugusdepan diberi bimbingan dan bantuan yang bersifat moral, organisatoris, materiil, dan finansial oleh Majelis Pembimbing Gugusdepan yang terdiri atas orang tua peserta didik dan tokoh masyarakat di sekitar gugusdepan.

BAB VII
PENUTUP

A. Kesimpulan
1. Keberhasilan program kerja ini memerlukan kerjasama yang baik dan disertai tanggung jawab yang tinggi dari Pembina Gugus Depan maupun Ka. Mabigus MA Miftahul Huda Purworejo
2. Peran serta orang tua / masyarakat juga merupakan factor yang ikut menentukan keberhasilan program ini.

B. Saran
1. Perlu perhatian dari Kwartir Nasional agar Gugus Depan ini benar-benar dapat menanamkan dan menumbuhkan budi pekerti luhur dengan cara memantapkan mental, moral, fisik, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman
2. Pembinaan dari Kwartir terkait demi kelancaran dan keberhasilan program kerja ini.













Untuk mencapai tingkat Penegak Bantara, calon Penegak harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

1. Rajin dan aktif mengikuti latihan Ambalan Penegak.
2. Telah mempelajari dan menyetujui Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
3. Mengerti dan bersungguh-sungguh mengamalkan Dasa Darma dan Tri Satya dalam kehidupannya sehari-hari
4. Dapat memberi salam Pramuka dan tahu maksud dan penggunannya
5. Tahu tanda-tanda pengenal dalam Gerakan Pramuka.
6. Tahu struktur organisasi dan Gerakan Pramuka dan Dewan Kerja Penegak dan Pandega.
7. Tahu arti lambang Gerakan Pramuka
8. Tahu arti Pancasila
9. Tahu sejarah dan arti kiasan warna-warna bendera kebangsaan Indonesia, serta dapat mengibarkan dan menurunkannya dalam upacara.
10. Dapat dengan hafal menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya bait pertama di muka orang banyak, dan tahu sikap yang harus dilakukan jika lagu kebangsaan diperdengarkan atau dinyanyikan pada suatu upacara.
11. Tahu arti lambang Negara Republik Indonesia
12. Biasa berbahasa Indonesia di waktu mengikuti pertemuan-pertemuan Penegak
13. Tahu arti dan sejarah Sumpah Pemuda
14. Tahu perjuangan bangsa Indonesia dan rencana pembangunan Pemerintah.
15. Tahu susunan Pemerintah Republik Indonesia dari Pusat sampai ke Desa
16. Dapat berbaris.
17. Selalu berpakaian rapi, meme;ihara kesehatan badan, dan memelihara kebersihan lingkungannya.
18. Tahu pentingnya bahan-bahan makanan yang bernilai gizi, dan dapat memasak makanan di perkemahan untuk sedikitnya 5 orang.
19. Tahu tentang penyakit-penyakit rakyat yang terpenting, dan tentang cara-cara pencegahannya
20. Melakukan salah satu cabang olahraga atletik atau salah satu cabang olahraga renang.
21. Tahu adat sopan santun pergaulan Indonesia.
22. Memiliki buku Tabanas.
23. Setia membayar uang iuran kepada Gugusdepannya, sedapat-dapatnya dengan uang yang diperolehnya dari usahanya sendiri.
24. Menguasai suatu keterampilan di bidang pertanian, bidang industri, atau bidang lain yang dipilihnya sendiri, tetapi yang dapat diharap kelak akan berguna bagi kehidupannya.
25. Dapat membaca jam dan menggunakan kompas.
26. Sudah pernah berkemah sekurang-kurangnya 4 hari berturut-turut.
27. Pernah ikut serta kerjabakti gotongroyong yang ditugaskan oleh Pembinanya
28. a. Untuk Penegak yang beragama Islam :
- (1) Dapat mengucap Kalimat Syahadat dan tahu artinya.
- (2) Mengerti Rukun Iman dan Rukun Islam.
- (3) Melakukan sholat berjama’ah
- (4) Tahu riwayat Nabi Muhammad saw.

1 komentar:

  • Pramuka MH on 1 Juni 2010 21.53

    Wah kelihatannya masih kurang bagus tu programnya .....!

  • Poskan Komentar

    ALBUM "MH"

    ALBUM "MH"